Sabtu, 28 Januari 2012

Health News DUH, INDONESIA PENYEBAR HIV/AIDS TERCEPAT ASIA TENGGARA


DI antara negara di Asia Tenggara, Indonesia palingcepat dalam penyebaran HIV/AID. Ancaman ini harus segera ditangani agarpenderitanya tidak semakin banyak.

Tingginya tingkat penyebaran infeksi HIV/AIDS di Indonesia berawal darikeengganan masyarakat melindungi dirinya sendiri menggunakan kondom. Meskicukup paham fungsi alat kontrasepsi tersebut dan sadar akan risiko penularanHIV/AIDS, tak sedikit yang “keukeuh” meninggalkan kondom.

”Berdasarkan data yang kami miliki, Indonesia salah satu negara denganperkembangan HIV/AIDS tercepat di Asia Tenggara. Penderita baru setiap tahunsebanyak 4 juta orang,” kata Baby Jim Aditya MPsi MCH CHt, aktivis untuk AIDSdi acara seminar bertema “Getting To Zero 2015: Melindungi Keluarga danPerempuan Indonesia dari Infeksi HIV/AIDS, Sanggupkah?” di Candi Singasari,Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Ditambahkan Baby, dari 2002 hingga September 2011, perkembangan HIV/AIDS diIndonesia naik hingga 15 kali. Pria penderita AIDS berjumlah 19.139 orang,sementara wanita 7.255 orang.

“Iya, kalau satu pria hanya berhubungan dengan satu wanita, tapi kalau iaberhubungan intim dengan banyak wanita bagaimana? Bayangkan bagaimanaberisikonya istri karena ikut tertular suami yang sering ‘jajan’ di luar,”jelas ketua Partisan (Partisipasi Kemanusiaan) Club ini.

Wanita kerap menjadi “korban” pria karena konsep patrialisme yang diusung dibanyak rumah tangga di Indonesia.

“Bahkan, ditilik dari pekerjaan, ibu rumah tangga yang baik menempati urutanketiga sebagai penderita. Ia menjadi ‘tong sampah’ suami yang gemar ‘jajan’tanpa mengenakan kondom karena merasa berdosa jika tak melayani di atasranjang, miris memang,” sahutnya menutup percakapan.
(tty)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Download Templates